Kodim 1710/Mimika Mulai Tanam Jagung di Lahan 2,6 Hektar

  • Whatsapp

*Bersama Kelompok Tani SP 7

TIMIKA– Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Dedy Dwi Cahyadi bersama jajarannya, melakukan penanaman dan praktek nyata jagung perdana di lahan milik Kodim di Jalan Agimuga, Distrik Kuala Kencana, Kamis (28/07/2022).

Penanaman ini juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Mimika, Danial selaku Kabid Produksi Tanaman Pangan didampingi Kepala Seksi, Sutton dan perwakilan Dinas Ketahanan Pangan serta para penyuluh pertanian dan perwakilan kelompok tani dari Kampung Wangirja, SP 7.

Setelah diawali dengan doa, Dandim dalam sambutannya antaralain mengatakan pihaknya memulai penanaman dan praktek nyata tanaman jagung di area lahan seluas 2,6 hektar.

Sesuai arahan Kasad lanjut Dandim, bahwa untuk mengatasi kesulitan pangan dan kesulitan masyarakat di sekitar Kodim, Kasad memerintahkan untuk menanam padi atau jagung di lahan tidur yang selama ini belum dimanfaatkan dengan maksimal.

“Lahan kita seluas 2,6 hektar dan sangat dekat dengan kita namun selama ini, belum dimanfaafkan dengan maksimal. Namun berkat bekerja sama dengan beberapa dinas, dan para Babinsa kita berusaha memanfaafkan lahan ini jadi lahan yang produktif,”ujar Dandim.

Nanti sambungnya, pihaknya akan kelola bersama dengan petani yang ada di sekitar lahan Kodim untuk mengelola dengan menanam jagung.

“Nanti setelah ditanam jagung bisa kita selingi dengan tanaman sayuran. Kita lahannya agak luas. Nanti kalau kelompok tani mau manfaatkan dengan maksimal kita tetap dukung dan dampingi,”papar Dandim.

Dandim berharap lahan tersebut dapat bermanfaat. Sehingga para kelompok tani dipersilahkan untuk memanfaatkannya dengan maksimal.

“Intinya untuk membantu masyarakat sekitar,”tambahnya.

Lahan tersebut dikatakan tadinya adalah hutan yang sudah dibongkar meski belum selesai.

“Program ini bertujuan memanfaatkan lahan tidur seperti padi atau jagung sesuai perintah Pak Kasad. Dan di sini yang cocok adalah jagung. Ke depan kita bisa perluas lagi karena masih ada lahan yang kosong,”tuturnya.

Untuk sementara dikatakan, satu kelompok tani dari Kampung Wangirja SP 7 dipimpin Michael akan mengolah lahan tersebut, bersama Koramil dan dinas terkait.

“Untuk sementara kita manfaatkan yang kita punya. Sebenarnya masih banyak lahan di Koramil-Koramil, namun di sini pengawasan lebih mudah,”paparnya.

Dandim bersama jajarannya kemudian dan para undangan, kemudian melakukan penanaman perdana bibit jagung manis.

Sementara itu, Kepala Seksi Produksi Tanaman Pangan, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Mimika, Suton menjelaskan, saat ini ada Program Pajale, padi, jagung dan kedelai.

“Namun kalau di sini ada jagung saja. Padi ada di tempat lain seperti SP 5 dan SP 7. Juga akan ada program padi 100 hektar dan jagung 500 hektar,”terangnya.

Khusus di lahan Kodim sendiri kata Sutton sudah ditanam jagung manis yang bisa panen dalam waktu 2,5 bulan. Namun nanti juga bisa jagung pakan jenis hibrida yang bisa panen sampai 3 bulan.

Dinas Pertanian juga menyerahkan alat pertanian kepada Dandim secara simbolis berupa cangkul, sekop, sepatu, parang, sabit dan semprotan.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah. (sianturi)

Penulis: Sianturi
Editor: Sampe P Sianturi
  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.