Kurangi Dampak Pemanasan Global, Freeport Sudah Tanam 2,6 Juta Mangrove

  • Whatsapp

PTFI Melalui Departemen Environmental Sudah Tanam 2,6 Juta Mangrove

Komitmen yang tinggi PTFI dalam pengelolaan lingkungan membuahkan keberhasilan dalam penanaman mangrove. Hingga saat ini, perusahaan sudah menanam 2,6 juta pohon mangrove pada area seluas 450 hektar. Yakni pulau-pulau yang terbentuk dengan sendirinya yang oleh masyarakat Suku Kamoro disebut Waii atau Pulau Waii atau Pulau Baru yang terbentuk dari endapan pasir halus atau sedimentasi.

Sedimentasi ini sendiri tidak seratus persen tailing, tapi juga adanya sedimen alami yang juga tercampur secara alami, dan yang paling halus akan mengendap di muara.

Nah, tailing halus tersebut sangat cocok dengan habitat mangrove. Namun dengan terbentuknya ekosistem mangrove tersebut, tidak secara langsung membuka atau meningkatkan ekosistem muara.

Di muara Sungai Ajikwa ada banyak sekali burung migran yang menjadikan muara sebagai tempat persinggahan, berkembangbiak atau mencari makanan. Karena dengan adanya kolonisasi mangrove ini, jumlah ikan semakin bertambah.

Jenis-jenis ikan itu akan masuk ke dalam areal mangrove yang sudah kita tanami dan akan berkembang biak. Dan pasti mengundang burung-burung mencari makan.

“Bahkan kalau bisa dibilang, tempat tersebut yang tadinya kosong, kembali disukai berbagai jenis satwa terutama burung,”jelas Roberth.(sianturi/pojokpapua.com)

Penulis: Sampe P Sianturi
Editor: Sampe P Sianturi
  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.