Kapal Bermuatan BBM Milik PLN Asmat Hilang Kontak

  • Whatsapp
Personel TNI AL yang tergabung dalam Tim SAR Gabungan saat melakukan pencarian terhadap KM Kalimas 4 yang dilaporkan hilang kontak saat berlayar dari Timika menuju Asmat, Selasa (14/12/2021). (FOTO: LANAL TIMIKA)

TIMIKA – Sebuah kapal yang bermuatan Bahan Bakar Minyak (BBM) milik PLN Asmat, KM Kalimas 4, dilaporkan hilang kontak saat menempuh perjalanan dari Timika menuju Asmat sejak Minggu (12/12/2021) sekitar pukul 05.00 WIT.

Berdasarkan rilis Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika yang diterima pojokpapua.com, Kantor SAR Timika menerima laporan terkait hilang kontaknya KM Kalimas 4 itu dari perwakilan Pertamina Timika pada Selasa (14/12) sekitar pukul 09.26 WIT.

Dimana kapal tersebut membawa 6 orang yakni Ansar (kapten kapal), Ruslan, Supliansyah, Nikmat, Haswan dan Mirzan sebagai ABK, dengan muatan BBM milik PLN Asmat.

“Kapal yang direncanakan tiba di Asmat pukul 17:00 WIT atau 12 jam setelah keberangkatan. Namun hingga dilaporkan ke petugas siaga kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, kapal tersebut belum juga diketahui nasib dan keberadaannya,” sebut Muhamad dalam rilisnya, Selasa.

Setelah mendapati laporan tersebut, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, George L Mercy Randang langsung melakukan koordinasi dan memberangkatkan Tim SAR Gabungan yang terdiri dari personel rescuer Pos SAR Asmat, personel TNI AL, Polairud dan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dengan menggunakan RIB 85 PK milik Basarnas untuk melakukan penyisiran dari Asmat hingga Pulau Tiga.

Tidak hanya itu, kantor Pencarian dan Pertolongan Timika juga memberangkatan Tim SAR gabungan dari Timika dengan menggunakan kapal RB milik Basarnas, untuk melakukan penyisiran dari perairan Pomako ke arah Pulau tiga. Dengan haluan bagian terluar dari jalur pelayaran rutin masyarakat Timika menuju Asmat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan menyampaikan Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian.

“Kita maksimalkan, dengan harapan jika semakin banyak aset atau unsur yang bergerak mencari maka potensi ditemukan semakin besar. Tentunya kami dari unsur SAR gabungan menyesuaikan dengan situasi cuaca di lapangan,” ujarnya.

Pihaknya juga ia mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di laut yang melihat keberadaan kapal atau crew KM Kalimas 4, agar segera melaporkan ke pihak kantor Pencarian dan Pertolongan Timika.

“Kami juga berharap jika ada masyarakat yang beraktivitas di laut yang melihat keberadaan kapal atau para crew tersebut, Supaya segera laporkan Basarnas,” imbau Kepala kantor Pencarian dan Pertolongan Timika.

Hingga berita ini diturunkan Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian terhadap KM Kalimas 4. (*)

Penulis: Mayer
Editor: Maftukin
  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.