Hadiri Perayaan Natal Bersama, Bupati Mimika Ajak Masyarakat Tidak Baku Marah dan Benci

  • Whatsapp
Bupati Mimika, DR (Cand) Eltinus Omaleng, SE MH menyalakan lilin natal dalam perayaan natal bersama di Gedung Gereja KINGMI Jemaat Martin Luther Mile 32, Senin (13/12/2021). (FOTO: SELVI/POJOKPAPUA.COM)

TIMIKA – Dalam rangka merayakan hari kelahiran Yesus Kristus, Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, TNI, Polri dan masyarakat menggelar perayaan natal bersama di Gedung Gereja KINGMI Jemaat Martin Luther Mile 32, Senin (13/12/2021).

Ibadah natal dihadiri Bupati Mimika, DR (Cand) Eltinus Omaleng, SE MH, pimpinan dan anggota DPRD Mimika, perwakilan TNI dan Polri, Sekretaris Daerah Mimika Michael Gomar, SSTP MSi, para pejabat lingkup Pemda Mimika, tokoh agama dan ribuan umat yang memadati gedung ballroom Gereja KINGMI 32.

Perayaan natal bersama mengusung tema “Cinta Kasih Kristus Yang Menggerakkan Persaudaraan” (1 Petrus 1:22) dan sub Tema “Dengan Semangat Natal Pemda, TNI-Polri dan Masyarakat Kita Rajut Persaudaraan Untuk Membangun Mimika yang Cerdas Aman Damai dan Sejahtera”.

Bupati Mimika, DR (Cand) Eltinus Omaleng, SE MH menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba hias pohon dan pondok natal, Senin (13/12/2021). (FOTO: SELVI/POJOKPAPUA.COM)

Pemberitaan injil disampaikan oleh Pastor John Bunay. Lewat firman yang terambil dari Yohanes 3:13-17, Pastor John Bunay mengatakan tema natal tahun ini diangkat oleh PGI dan KWI, agar mengajak umat kembali merekatkan persaudaraan di tengah pandemi Covid-19 yang telah merubah banyak hal terutama membuat orang bersikap individual.

Dengan gaya dan cara penyampaian firman yang diselingi kalimat candaan dan lagu, Pastor John Bunay membuat suasana perayaan natal bersama menjadi cair. Bupati dan semua umat larut dalam sukacita natal bersama.

Pastor John Bunay mengatakan kedatangan Yesus di dunia untuk mengerjakan karya keselamatan manusia. Yesus hadir merajut kembali hubungan manusia dengan Tuhan yang rusak karena dosa. Untuk itu Pastor John mengajak umat, menjalankan ajaran Yesus Kristus dalam kehidupan sehari-hari.

Masyarakat Kabupaten Mimika menghadiri perayaan natal bersama Pemda Mimika, TNI dan Polri di Gedung Gereja KINGMI Jemaat Martin Luther Mile 32, Senin (13/12/2021). (FOTO: SELVI/POJOKPAPUA.COM)

Sementara itu Bupati Mimika, DR (Cand) Eltinus Omaleng, SE MH dalam pesan natal menyatakan, Kabupaten Mimika adalah miniatur Indonesia. Masyarakat hidup berdampingan berbagai suku dan agama.

Oleh karena itu melalui tema natal ‘Cinta Kasih Kristus Yang Menggerakkan Persaudaraan” kata Bupati Mimika, memberikan pesan natal kepada semua umat untuk bersatu, menjaga toleransi kehidupan beragama dan saling mengasihi sesama manusia, sesuai yang dikehendaki oleh Tuhan.

“Semoga kesan natal tahun ini, memberikan semangat baru untuk membentuk pribadi kita menjadi pengikut Kristus yang setia, takut akan Tuhan dan menjadi berkat bagi semua orang,” katanya.

Ia menambahkan, dalam bahasa daerah Amungme, tema natal menekankan Eme Neme atau persaudaraan. “Tidak ada baku marah, tidak usah baku benci, baku perang, tidak boleh. Harus bersaudara, jaga orang Amungme itu pesan Mozes Kilangin,” tegas Bupati.

Anggota Polres Mimika menghadiri Perayaan Natal Bersama Pemda, TNI, Polri dan masyarakat Kabupaten Mimika di Gedung Gereja KINGMI Jemaat Martin Luther Mile 32, Senin (13/12/2021). (FOTO: SELVI/POJOKPAPUA.COM)

Pemerintah lanjutnya, terus berupaya membangun untuk kesejahteraan masyarakat termasuk membangun Gereja KINGMI Mile 32 yang dibangun untuk semua bukan hanya satu orang atau satu kelompok dan golongan.

“Saya membangun untuk semua orang. Gereja ini juga dibangun semua orang bukan hanya Eltinus,” tutur Bupati Mimika.

Pada perayaan natal Tahun 2021, Pemda Mimika juga menggelar lomba hias pohon dan pondok natal. Adapun juara I adalah Gereja KINGMI Tabernakel Kwamki Narama, juara II GKI Marten Luther Sempan, juara 3 Gereja Katolik Simon Petrus Jl Baru. Juara harapan I GBI Air Hidup, harapan II Gereja Baptis Galilea Utikini, harapan III GPKAI Filipi Timika dan juara favorit GKO Pengharapan Lapas Timika. (*)

Penulis: Selvi
Editor: Maftukin
  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.