BPN Mulai Bagikan 1.000 Setifikat Tanah Program PTSL

  • Whatsapp
Kepala Kantor Pertanahan Mimika, Pantoan Tambunan menyerahkan sertifikat tanah kepada Pemda Mimika, Selasa (30/11/2021). (FOTO: SELVI/POJOKPAPUA.COM)

TIMIKA – Pembuatan sertifikat gratis melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Mimika hampir rampung. Dari target sekitar 1.000 sertifikat, sebanyak 97 persen sudah selesai dan siap dibagikan.

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Mimika, Pantoan Tambunan, SST yang ditemui di Hotel Horison Ultima Timika, Selasa (30/11/2021) mengatakan, masyarakat yang masuk dalam program PTSL sudah bisa mengambil sertifikat di Kantor BPN, Jalan Cenderawasih.

PTSL ini dijelaskan Pantoan Tambunan, merupakan salah satu aspek reforma agraria yakni legalisasi aset. “Tanah yang sudah dikuasai oleh masyarakat, kita legalkan secara hukum melalui pensertifikatan. Yang belum punya tanah kita akan cari sumber yang dapat kita berikan tanahnya,” katanya.

Ia mengungkapkan PTSL merupakan prioritas dari BPN. Inilah yang membuat permohonan dari masyarakat juga mengalami keterlambatan. Apalagi permohonan dari masyarakat juga sangat tinggi sementara kemampuan dari BPN sangat terbatas.

Pegawai Kantor Pertanahan Mimika dikatakan Pantoan sangat terbatas. “Kami sudah berusaha sekuat tenaga. Tapi kalau masyarakat mengeluh, kami akui bahwa kami overload dalam menyelesaikan permohonan yang masuk,” ujarnya. (*)

Penulis: Selvi
Editor: Maftukin
  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.