419 Ton Daging Tersedia Selama PON di Mimika

  • Whatsapp
Kadisnakeswan Mimika, drh Sabelina Fitriani (dua dari kanan) ketika meninjau gudang stok daging milik distributor. (FOTO: ISTIMEWA/DISNAKESWAN MIMIKA)

TIMIKA – Kabupaten Mimika menjadi satu dari empat klaster tempat berlangsungnya Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Memasuki hari ke-15 sejak dimulainya pertandingan pada (23/9/2021) lalu, belum ada keluhan mengenai konsumsi.

Kelancaran pelaksanaan PON, tidak terlepas dari persiapan yang dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika, tidak hanya infrastruktur, tetapi juga memastikan ketersediaan pangan. Daging, sebagai salah satu pangan asal hewan yang dibutuhkan selama PON untuk konsumsi ribuan tamu baik atlet, ofisial bahkan masyarakat umum dipastikan dalam kondisi aman.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mimika, drh Sabelina Fitriani mengungkapkan, stok daging khususnya daging ayam dan sapi tersedia dengan jumlah yang cukup. Daging ayam sebanyak 413,4 ton sementara daging sapi 4,6 ton. Hal itu dipastikan setelah Disnakeswan Mimika, kembali melakukan pemantauan pada Kamis (7/10/2021) di gudang 13 distributor pemasok daging.

Sabelina bisa memastikan itu lantaran kebutuhan daging ayam selama PON diperkirakan mencapai 28 ton, sementara stoknya 413 ton. Sementara kebutuhan daging sapi sebanyak 5,6 ton dan untuk memenuhi itu, sekitar 1 ton daging sudah dalam pengiriman dari luar.

“Kita masih kurang 1 ton, tapi masih ada pemasukan daging sapi dari luar Timika dan sudah dalam perjalanan,” ujarnya.

Sementara untuk telur ayam, Sabelina menyatakan produksi lokal sanggup untuk memenuhi kebutuhan selama PON. Sehingga tidak ada tambahan pasokan dari luar, lantaran Mimika sudah mengalami swasembada telur ayam, bahkan surplus.

Dalam sehari peternak di Mimika bisa menghasilkan 13,4 ton telur ayam per hari. Sementara kebutuhan selama PON atau sekitar sebulan mencapai 36 ton. Dengan tingginya produksi telur ayam lokal maka itu bisa menutupi kebutuhan konsumsi PON dan kebutuhan masyakat umum. (*)

Penulis: Selvi
Editor: Maftukin
  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.