Anggota DPRD Periode 2019-2024 Sah Kembali Bertugas

  • Whatsapp
Bupati Eltinus Omaleng saat menyerahkan SK DPRD Periode 2019-2024 yang diterima Waket I DPRD, Aleks Tsenawatme dan Sekwan, Ananias Faot, Senin (27/9/2021) di Hotel Grand Mozza. (FOTO: ISTIMEWA / POJOK PAPUA)

TIMIKA – Para Anggota DPRD Kabupaten Mimika Periode 2019-2024 dinyatakan sah kembali untuk bertugas. Kepastian ini setelah Bupati Mimika, Eltinus Omaleng menyerahkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Papua Nomor 155.2/304/Tahun 2021, Senin (27/9/2021) di Hotel Grand Mozza. SK yang berisikan tentanh Pengesahan Keanggotaan DPRD Mimika Periode 2019-2024 inj diterima oleh Sekwan Ananias Faot dan Waket I DPRD Mimika Aleks Tsenawatme serta Anton Bukaleng.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng  mengatakan, SK tersebut  diterimanya langsung di Jayapura bersama anggota DPRD Mimika Periode 2019-2024. Ia mengatakan dalam SK tersebut sudah menjelaskan jika DPRD periode 2019-2024 ini sudah bisa kembali bekerja seperti biasa. Dan para anggota dewan telah diaktifkan kembali tanpa pelantikan. Terhitung tanggal 23 Agustus lalu mereka sudah bekerja.

Ia mengatakan sebelum SK diserahkan, Gubernur Papua Lukas Enembe melaui Sekda Provinsi Papua mengundang pemerintah daerah dan DPRD Periode 2019-2024 untuk bertolak ke Jayapura.

“Kita ke Jayapura terima SK. Ini yang sudah mereka siapkan dengan berita acaranya. Dan hari ini, saya sudah serahkan ke Sekwan dan anggota DPRD agar mereka mulai kembali bekerja seperti biasa,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Mimika, Aleks Tsenawatme mengatakan dalam pertemuan kali ini sudah diputuskan juga untuk kedepan aktivitas kedewanan akan berjalan dengan melihat kembali jadwal yang sudah ditetapkan di Badan Musyawarah (Bamus) DPRD. Hari pertama masuk kantor lagi, Aleks mengatakan pihaknya sudah  melakukan pertemuan terkait dengan agenda agenda yang akan dilaksanakan untuk besok dan selanjutnya akan mulai beraktivitas.

“Jadi sesuaikan jadwal kita jalan,” ujarnya.

Politisi Partai Nasdem ini juga membenarkan jika SK pengaktifan kembali anggota dewan sudah diserahkan oleh provinsi ke dewan.

“SK dari provinsi sudah diberikan untuk kami laksanakan itu untuk 23 Agustus DPRD 2019-2024 diaktifkan  kembali,” jelasnya.

Lanjutnya, sebenarnya SK tersebut sudah diserahkan bulan lalu, tetapi karena mekanisme pemerintahan, maka disesuaikan dengan SK bupati yang diserahkan lagi ke Sekda mewakili bupati. Dalam SK juga anggota DPRD sudah bisa mulai beraktivitas pada 23 Agustus.

Penulis: Sitha
Editor: Maftukin
  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.