Pemda Mulai Susun Rencana Aksi Pencapaian SDGs

  • Whatsapp
Pertemuan Pokja penyusunan rencana aksi SDGs, Kamis (9/9) di Hotel Horison Diana Timika. (FOTO: SELVI/POJOK PAPUA)

TIMIKA – Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika berupaya melakukan percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals. Untuk mewujudkan komitmen itu, Pemda Mimika menggandeng non state actor atau pelaku non pemerintah yang tergabung dalam tim percepatan pencapaian SDGs.

Untuk mencapai 17 tujuan SDGs, maka Pemda bersama non state actor membentuk kelompok kerja (Pokja)  yang bertugas menyusun draf acuan SDGs. Ada empat Pokja yang dibentuk sesuai dengan empat pilar yaitu sosial, ekonomi, lingkungkan dan hukum.

Setiap poka terdiri dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mempunyai tupoksi dalam melaksanakan tujuan. Selain OPD, dalam mencapai SDGs, Pemda Mimika juga menggandeng lembaga non pemerintah dalam hal ini PT Freeport Indonesia dan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) yang turut menjalankan program sosial dan ekonomi.

Masing-masing Pokja mulai melakukan penyusunan draf rencana aksi SDGs. Pertemuan perdana pokja digelar dalam dua hari pada Kamis (9/9) dan Jumat (10/9) di Hotel Horison Diana Timika. Pertemuan dipimpin Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Mimika, Yoseph Manggasa.

Yoseph Manggasa mengungkapkan ini merupakan langkah awal untuk melihat indikator dalam setiap pokja. “Kita bisa sepakati bersama untuk kita tindaklanjuti menjadi prioritas dalam penanganan berikutnya,” katanya.

Ia mengungkapkan ada 17 tujuan untuk pencapaian SDGs. Itu terbagi dalam 5 tujuan pada bidang sosial, ekonomi 5 tujuan, lingkungan 6 tujuan dan hukum 1 tujuan. Setiap tujuan menyasar ke dalam setiap pokja. Ada 124 target dengan 289 indikator yang disusun sebagai draf  pencapaian SDGs. (*)

Penulis: Selvi
Editor: Maftukin
  • Whatsapp

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.